Teori Dasar Elektronika

Saturday, August 11th 2012. | Elektronika Dasar

Teori Dasar Elektronika memiliki banyak bagian pembahasan. Untuk artikel kali ini saya akan mengangkat terlebih dahulu teori mengenai pengertian elektronika. Jadi untuk teori lainnya, silahkan ikuti diartikel selanjutnya ya. Gunakan saja kotak pencari dikanan atas blog ini untuk mencarinya. Tanpa panjang lebar dengan kata pembukaan, yuk kita mulai membahasnya.

Kata elektronika merupakan istilah yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dari kita mendifinisikannya sebagai barang-barang atau benda-benda yang bersifat elektronik. Pada dasarnya anggapan tersebut adalah benar karena asal kata elektronika adalah dari bahasa inggris yaitu “electronics”. Kata electronics sendiripun memiliki asal kata, yaitu electron. Sehingga secara Teori Dasar Elektronika bila dikaji berdasarkan bahasa maka elektronika merupakan ilmu yang mengkaji tentang elektron. Sebagaimana disebut sebelumnya bahwa penggunaan kata elektronika lebih pada pemakaiannya tapi masih tetap mengarah pada asal katanya yaitu elektron.

Kemudian dari segi istilah, elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat/bahan atau rangkaian-rangkaian yang memiliki fungsi kerja yang berkaitan dengan gerakan electron. Lagi-lagi dalam kehidupan sehari-hari kita tidak memahami perbedaan antara elektrik/ listrik dengan kata elektronika, padahal kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Sebuah kompor listrik, setrika listrik, ataupun lampu pijar merupakan contoh dari peralatan elektrik/listrik. Sedangkan radio, tape recorder, televisi, mp3 ataupun computer adalah contoh-contoh dari peralatan elektronika.

Teori Dasar Elektronika

Masih bingung perbedaan kedua kata tersebut? Memang keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat, yaitu keduanya sama-sama kaitannya dengan arus elektrik. Untuk membedakan mana alat elektrik dan mana alat electronic, haruslah mengetahui teori dasar elektronika mengenai komponen atau onderdil yang membangun benda tersebut.  Peralatan listrik, komponen yang digunakan adalah komponen yang pasif. Sedangkan Peralatan elctronic dibangun dengan komponen pasif serta komponen aktif.

Komponen apa sajakah yang termasuk komponen aktif dan komponen pasif tersebut? Sebagai contoh komponen pasif yaitu resistor atau tahanan, kumparan, dan kondensator.  Sedangkan contoh dari komponen aktif adalah tabung hampa, Integrated Circuit / IC / rangkaian terpadu / atau sering disebut Chip Processor, dan transistor. Nah, kesemua komponen tersebut nanti akan saya bahas di artikel-artikel Teori Dasar Elektronika selanjutnya.

tags: , ,