Teknik Dasar Elektronika

Teknik dasar elektronika tidak akan lepas dalam kaitannya dengan prinsip keilmuan listrik termasuk segalam masalah-masalahnya, baik itu dalam hal yang berkaitan dengan komponen komponen listrik, istilah istilah listrik, simbol listrik, maupun parameter listrik. Walaupun listrik itu sendiri sebenarnya tidak bisa dilihat dengan mata kepala telanjang, namun dari gejala listik yang ada bisa kita lihat dalam perikehidupan hari-hari kita. Sebagai contoh dari gejala listrik yang bisa kita rasakan adalah lampu penerangan yang terpasang dirumah kita. Sumber tenaga lampu sebagai penerangan rumah ini diperoleh dari pembangkit listrik yang pengelolaannya dilakukan Perusahaan Listrik Negara / PLN. Hal yang sama juga bisa kita saksikan pada bola lampu yang digunakan pada kendaraan bermotor, yang mana sumber tenaganya adalah dari akumulator/ accu atau baterai. Begitupula pada peralatan elektrik lainnya yang menggunakan listrik, misal pada kipas angin; televisi; radio; kulkas; dan lain-lain. Karenanya gejala listrik bukanlah sesuatu hal yang aneh lagi untuk kita temukan dalam perikehidupan hari-hari kita.

Teknik Dasar Elektronika

Dalam teknik dasar elektronika kita mengenal dua macam arus listrik yang merupakan hasil dari sumber listrik. Yang pertama adalah listrik dengan arus bolak balik / AC ( Alternating Current ). Arus Ac ini yang umumnya banyak digunakan dalam perikehidupan kita hari-hari. Misalnya saja pada kipas angin, lampu, setrika, dan lain-lain.  Listrik dengan arus bolak balik ini bersumber dari pembangkit tegangan listrk yang bernama generator arus bolak balik. Generator ini hanya terdapat pada pusat-pusat dari pembangkit listrik tersebut. Jenis arus listrik yang kedua adalah listrik dengan arus searah / DC ( Dicrect Current ). Dalam contoh pembukaan artikel ini telah disebut mengenai lampu kendaraan bermotor yang sumber listriknya berasal dari akumulator / accu atau baterai. Nah Baterai ini merupakan salah satu sumber listrik yang bisa memberikan tegangan listrik dengan arus searah / DC. Perkembangan teknologi elektronika terutama teknik dasar elektronika sekarang ini, kita bisa memperoleh listrik dengan arus DC/ searah dengan mengubah arus AC/ bolak-balik menggunakan suatu alah yang didebut adaptor / power supply. Contoh penerapan alat ini adalah pada handphone dengan trafo charger yang digunakannya.

Demikian kedua jenis arus listrik yang harus dipahami teori dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk pembahasan lainnya silahkan artikel selanjutnya dari Teknik Dasar Elektronika.

Iklan terkait: Teknik Dasar Elektronika

tags: , ,