Rangkaian Speaker Aktif

Rangkaian speaker aktif merupakan jenis transduser yg dipakai tuk merubah signal listrik menjadi frekuensi suara/audio. Caranya adalah dengan memberikan getaran pada komponen yang memiliki bentuk selaput. Rangkaian jenis ini sangat banyak kita temukan dipasaran, tetapi untuk membelinya kita akan diberikan harga yang cukup mahal. Kondisi ini tentu membuat seseorang berpikir untuk membuat sendiri daripada membeli.

System dari suatu rangkaian speaker aktif adalah sebuah komponen pembawa dari signal elektrik, meneruskannya ke media penyimpan seperti DVD atau CD, kemudian dapat mengembalikannya lagi menjadi sebuah suara dengan frekuensi yang bisa kita dengar. Bila kembali kita melihat-lihat kepasaran, kita akan menemukan beraneka ragam jenis speaker yang terlihat sangat rumit pengerjaannya. Pendapat tersebut sebenarnya adalah salah, karena speaker hanya merupakan sebuah peralatan yg sangatlah sederhana.

Pembuatan rangkaian speaker aktif memang sederhana, disebabkan poin utama perangkaiannya ialah berupa amplifier yg telah dipack jadi bagian yang sama dgn speaker dan kemudian kita gunakan untuk ditempatkan kedalam suatu tabung speaker. Kalau kesemua rangkaian tersebut sudah siap, kita hanya tinggal mempersiapkan box speaker dan speakernya itu sendiri.

rangkaian speaker aktif

Jenis dari speaker aktif ada bermacam-macam, yaitu:

  • Speaker Dual Cone. Speaker jenis ini pada umumnya merupakan standar yang digunakan pada mobil baru. Standarisasi ini karena dianggap jenis speaker ini adalah yang terefisien serta yang memiliki biaya murah untuk membangunnya. Bila diperdengarkan, maka dentuman dari bunyi yang dikeluarkan adalah rata-rata sama walaupun dengan bermacam-macam merek. Ciri khas lainnya adalah terdiri atas dua buah konus (cone).
  • Speaker Coaxcial / Terpusat. Jenis speaker ini merupakan kesatuan dari midrage, woofer serta tweeter didalam sebuah poros yang rapat. Desain dari piranti ini memang sengaja dibuat untuk membuat frekuensi yang rata.
  • Speaker Split/ Terpisah. ┬áBerbeda dengan speaker terpusat, speaker ini memisahkan antara tweeter, midrange, dan woofer. Selain itu juga terdapat crossover yang pemakaiannya sebagai pembagi dari frekuensi suara yang dihasilkan.

Prinsip kerja speaker aktif berbanding tebalik dengan mikrofon, yaitu sebagai pembawa signal listrik kemudian membuatnya kembali jadi getar yang mengeluarkan gelombang suara. Getaran yang dihasilkan tersebut hampir sama dengan yang dikeluarkan sebuah mikrofon, yaitu yg direkan kemudian dibuat menjadi kode-kode tertentu di CD, tape, LP dan lainnya. Bila dilihat pada speaker tradisional, prosesnya menggunakan sebuah driver atau lebih. Demikian ya artikel singkat mengenai rangkaian speaker aktif. Moga bermanfaat.

Rangkaian Speaker Aktif. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Rangkaian Elektronika