Rangkaian Pengukur Tingkat Suara

Rangkaian Pengukur Tingkat Suara ini adalah rangkaian desibel meter  elektronik. Setiap cahaya mewakili sekitar 3dB perubahan dalam tingkat suara sehingga ketiga lampu menyala. Tingkat suara adalah sekitar 4 kali lebih besar dari tingkat yang diperlukan untuk menyalakan satu lampu. Kepekaan dapat disesuaikan dengan potensiometer  500K. Dua lampu lainnya kemudian akan menunjukkan tentang peningkatan 2X dan 4X dalam volume.

Gambar Skema Rangkaian Pengukur Tingkat Suara

Gambar Skema Rangkaian Pengukur Tingkat Suara

Dalam kerja, dengan tanpa input, tegangan DC pada pin 1,2 dan 3 dari op-amp akan menjadi sekitar 4 volt, dan tegangan pada (+) input ke 3 komparator (pin 5,10,12) akan menjadi sekitar kurang setengah volt  karena dioda 1N914 menurun. Tegangan pada (-) input komparator akan menjadi sekitar 5,1 dan 6,5 yang ditetapkan oleh resistor 560 dan 750 ohm.

Ketika sebuah sinyal audio hadir, kapasitor 10uF terhubung ke dioda akan menuntun ke arah tingkat puncak  audio pada keluaran op-amp di pin 1. Pada peningkatan volume, tegangan DC pada kapasitor dan juga (+) input komparator akan meningkat dan lampu akan menyala saat input (+) berjalan di atas (-) masukan. Pada penurunan volume,  muatan kapasitor dihentikan melalui paralel resistor 100K  dan lampu menurun. Anda dapat mengubah waktu respon dengan kapasitor yang lebih besar atau lebih kecil.

Untuk seorang insinyur audio, terutama untuk memeriksa tingkat tekanan suara dari sekitar 60 sampai 70 decibel (dB) sangat memerlukan rangkaian pengukur tingkat suara ini.

Rangkaian Pengukur Tingkat Suara. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Rangkaian Elektronika