Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda

Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda. Tujuan dari rangkaian ini adalah untuk menghasilkan cahaya tampak yang cukup jelas untuk bisa dilihat oleh pejalan kaki dengan menggunakan 13 LED berkedip saat sedang berjalan sehingga mereka tahu keberadaan sepeda. Sumber daya dengan menggunakan baterai 3 Volt.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini bisa Anda lihat gambar Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda.

Gambar Skema Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda

Gambar Skema Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda

Daftar Komponen :

Gambar Daftar Komponen Skema Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda

Gambar Daftar Komponen Skema Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda

Rangkaian ini dibangun sebagai multivibrator astabil karena IC1 merupakan versi CMOS dari IC 555. Dengan modus operasi, itu menghasilkan siklus kerja 50% dari gelombang persegi terus menerus atau pulsa persegi panjang pada frekuensi sekitar 4 Hz.

Pin 3 dari output 555 berisi operasi tenggelam, jauh lebih baik dari sumber selama pasokan 3 Volt. Ini adalah alasan mengapa LED D1 untuk D6 yang terhubung ke rel positif. Sebuah IC 555 yang kedua diberikan untuk memperoleh operasi alternatif berkedip. Koneksi jenis ini berfungsi sebagai pemicu dengan inverter dan mendorong D7 LED untuk D12 D13 secara permanen. Rangkaian berjalan dimulai dengan menutup kontak saklar SPST slider. Sumber baterai 3 Volt dapat menggunakan dua AA 1,5 Volt dihubungkan secara seri.

Lampu Pengaman Sepeda Berkedip ini sangat penting terutama bagi mereka  yang mengendarai sepeda di malam hari. Hal ini cocok tidak hanya pada sisi belakang sepeda, tetapi juga dapat dipasang di ikat pinggang dan dibawa dengan mudah ketika meninggalkan sepeda. Beberapa lampu keselamatan ditempatkan pada roda dengan berbagai warna, sementara desain lainnya memiliki mode cahaya yang berbeda seperti modus, statis berkedip, dan berjalan. Rangkaian  Lampu Pengaman Sepeda ini dapat digunakan oleh penjelajah, wisatawan, pejalan kaki di malam hari, penambang dan nelayan pada malam hari lampu dipadamkan.

Rangkaian Lampu Pengaman Sepeda. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Rangkaian Elektronika