Rangkaian Jam Digital

Rangkaian jam digital merupakan rangkaian yang bekerja dengan cara asinkron berupa pencacah naik. Rangkaian ini dirancang sebagai seperti pada umunya sebuah jam yang penunjukkannya memiliki ketelitian  terhadap bilangan yaitu detik, menit hingga jam yang memakai system duapuluh empat jam. Untuk tampilan waktu, rangkaian ini akan dilengkapi dengan empat buah penampil dan tujuh buah ruas LED.

Untuk menghasilkan detak dengan satu getar/detik atau 1 Hz pada rangkaian ini diperlukan sebuah sumber detak. Hal ini juga diperlukan dalam penunjukkan bilangan second/detik yang maksimumnya 00 serta untuk me-mulai cacah pada pemicu pacacahnya. Semua pencacah tersebut dipakai dalam menunjukkan bilangan menit yang prinsip kerjanya juga sama. Kemudian pencacah selain itu, dipakai dalam menunjukkan bilangan waktu jam yang penunjukkannya adalah maksimal 23 jam.

Dari uraian diatas bisa kita simpulkan, rangkaian jam digital merupakan suatu rangkaian digital yang sederhana dan memakai prinsip kerja dr pencacah naik yg daya kerjanya dengan cara asinkron. Yaitu pencacah yg berada dipaling ujung dipakai tuk menunjukkan bilangan satu dr detik yang asalnya dr sumber detak, kemudian pencacah selanjutnya terpicu oleh pencacah yang ada sebelumnya.

rangkaian jam digital

klik tuk perbesar skema rangkaian ini

Berikut beberapa komponen yg dipakai dalam sebuah rangkaian jam digital:

  • Sumber detak: adalah pembangkit pulse yg menghasilkan 1 Hz (detak 1 getaran perdetik) sehingga diperoleh hitungan detik.
  • IC 7490: merupakan decade counter yang gunanya untuk mencacah 4bit dari desmial nol (0000) samapai desimal sembilan (1001).
  • Indikator: penggunaannya pada 6 buah seven segment sehingga terdapat tampilan sejumlah angka cacahan yang berbentuk bilangan desimal.
  • Gerbang AND:  Pada rangkaian simulasi EWB, digunakan Gerbang AND biasa untuk menyederhanakannya. Tetapi kehidupan sehari-hari  biasanya memakai IC 7408 yang merupakan 4 rangkap dari Gerbang AND dan memakai 2 buah input.

Demikian sobat, penjelasan singkat dari rangkaian jenis ini. Semoga bisa menjadi referensi bahan pembelajaran buat kita semua. Bila perlu tambahan bahan, silahkan download paper penelitian rangkaian ini melalui url berikut: http://goo.gl/MlIyI .Sekarang silahkan langsung praktek membuat rangkaian jam digital ya.

Rangkaian Jam Digital. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Rangkaian Elektronika