Rangkaian Elektronika Sederhana

Rangkaian elektronika sederhana yang contoh nya saya berikan kali ini bila diaplikasikan dengan benar, tentunya akan sangat bermanfaat dalam kehidupan keseharian. Walaupun merupakan rangkaian dasar dengan sedikit kombinasi bisa membuatnya layak untuk digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Jumlah keseluruhan rangkaiannya adalah 60an dan terus bertambah, tapi tidak semuanya saya tulis dalam satu artikel ini ya. Silahkan cek artikel saya selanjutnya untuk mendapatkan info rangkaian elektronika lainnya yang saya miliki.

rangkaian elektronika sederhana - penidur elektronik

Rangkaian yang pertama adalah penidur elektronik. Cara kerjanya adalah dengan menghasilkan sebuah suara berkesinam bungan yang membuat kita mendengarnya monoton dan akhrinya menjadi tertidur.

rangkaian elektronika sederhana - Detektor Hujan

Rangkaian kedua adalah deketor hujan. Bekerja dengan meletakkan sensor pada tempat yang terkena hujan menggunakan 2 buah kabel. Pembuatannya menggunakan kepingan logam yang berjarak dua milimeter serta dilapisi oleh kain. Bila sensor tersebut terkena air hujan, maka rangkaian akan mengeluarkan bunyi. Kombinasi dengan rankaian lain juga sangar dimungkinkan dengan jenis rangkaian ini.

rangkaian elektronika sederhana - Anti Pencuri

Anti Pencuri bisa kita buat dengan berdasar gambar rangkaian elektronika sederhana diatas. Komponennya terdiri dari saklar push-on (AB); saklar (Sw1); Saklar Re-lay (Sw2); dan lampu indikator (L). Bekerja apabila A dengan B bersentuhan dalam waktu tidak lama, akan mengakibatkan relay berfungsi menarik Sw1. Kemudian disebabkan Sw2 posisinya adalah ON, akan menyebabkan relay terus bekerja dan menjadikan lampu terus menyala biarpun A dengan B tidak kontak lagi. Lampu ini dapat dikombinasi ataupun diganti dengan sirene agar lebih mantap.

rangkaian elektronika sederhana - Sirene

Rangkaian elektronika sederhana selanjutnya ialah sirene  yang cara kerjanya adalah apabila lampu di rangkaian tersebut diatas menyala, maka cahaya lampu tersebut akan menyentuh LDR dan akhirnya Sirene akan bersuara. Keras tidaknya suara yang dihasilkan sirene tersebut bergantung pada pencahayaan yang terang atau tidak dari sinar lampu.

rangkaian elektronika sederhana - Radio Kristal

Ingin memiliki radio kristal? Kalo ingin kita tinggal mengikuti rancangan diatas dengan komponen kop telepon z2ribu (EP) serta ferrit buat MW, 1 set antenna yang dipasang dengan memanjang seperti pada kabel listrik. Sedangkan buat IN60 menggunakan jenis dari germanium. Demikian beberapa Rangkaian Elektronika Sederhana yang bisa sobat aplikasikan.

Iklan terkait: Rangkaian Elektronika Sederhana

tags: , , , ,