Rangkaian Elektronika Pengusir Nyamuk

Rangkaian elektronika pengusir nyamuk yang saya berikan ini termasuk dalamrangkaian elektronika yang sederhana. Karena kesederhanaannya inilah yang membuatnya mudah untuk dipelajari bagi seorang pemula sekalipun. Selain itu, untuk membuatnya tidak diperlukan biaya tinggi alias sangat murah. Namun demikian aplikasi dari rangkaian ini tentunya tetap sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita yaitu mengusir nyamuk dari rumah kita. Bahkan dengan alat ini kita juga dapat menggunakannya diluar ruangan, semisal ketika ngeronda ataupun sekedar santai di halaman.

Selain sebagai pengusir nyamuk, rangkaian ini juga bisa digunakan pada jenis serangga ataupun jenis binatang penggangu lainnya. Contohnya adalah pada kecoa dan tikus. Prinsip utama bagaimana rangkaian ini bekerja adalah dengan berdasarkan bahwa serangga atau jenis binatang pengganggu lainnya sangatlah sensitif kepada beberapa frekuensi suara, terutama frekuensi suara yang tinggi. Dengan demikian, disaat rangkaian ini dihidupkan akan membuat jenis-jenis hewan tersebut merasa terganggu dan menjauhkan diri dari alat ini. Berbeda dengan manusia yang tidak dapat mendengar frekuensi suara yang tinggi, maka tentunya tidak akan menyebabkan gangguan suara bagi kita yang berada didekatnya sekalipun.

Untuk gambar dari rangkaian elektronika pengusir nyamuk sendiri, banyak rupanya. Namun saya coba pilihkan yang paling menarik untuk dicoba aplikasikan yaitu bekerjanya secara otomatis karena dikendalikan oleh Light Depending Resistor/ LDR. Alat ini akan menyala dengan sendirinya bila berada di lokasi yang gelap, dan sebaliknya akan mati bila dilokasi terang. Dengan begini alat akan otomatis bekerja jika lampu kamar kita dimatikan.

Perlu diingat kembali ya bahwa rangkaian ini menggunakan speaker untuk mengeluarkan frekuensi yang sama dikeluarkan oleh nyamuk jantan. Pada waktu bukannya musim untuk kawin, maka nyamuk betina akan menjauhi frekuensi ini. Dengan begitu nyamuk betina yang menghisap darah tidak akan ada disekitar alat ini, sedangkan nyamuk jantan memang tidak menghisap darah. Namun pada musim kawin yang terjadi adalah sebaliknya yaitu nyamuk akan tertarik untuk mendekatinya. Karena itu pilih-pilih saja waktu yang tepat. Oh iya, bila diperdalam lagi mengenai nyamuk maka nyamuk tidak memiliki mata. Mereka berkomunikasi memakai antena yang ada dikepalanya untuk menangkap frekuensi disekitarnya. Selengkapnya bisa disimak pada rangkaian dibawah ini:

Rangkaian Elektronika Pengusir Nyamuk

sumber: http://bocahlengkong.blogspot.com/

Komponen yang diperlukan dari rangkaian diatas adalah N1, N2, N3 = IC4011 dengan transistor tipe NPN biasa. Kemudian C1 = 100mkro Farad, C2=100nf, dan C3=10nf. Nah, silahkan dicoba ya Rangkaian Elektronika Pengusir Nyamuk ini.

Iklan terkait: Rangkaian Elektronika Pengusir Nyamuk

tags: