Rangkaian Elektronika Digital

Rangkaian elektronika digital merupakan system elektronika yang disusun dengan berbagai jenis komponen elektronik dan bekerja menggunakan sinyal digital. Pengertian lain dari rangkaian digital adalah rangkaian yang memerlukan energi kimia ataupun aliran dari listrik agar dapat berfungsi atau juga agar dapat membuat bergerak suatu benda.

Rangkaian ini adalah penerapan dari ilmu aljabar boolean yang banyak digunakan di bemacam-macam alat elektronik seperti handphone, televisi, komputer, dan lain-lain. Hal ini disebabkan rangkaian elektronika digital memiliki berbagai keuntungan, diataranya seperti sistem digital memiliki antar muka yang gampang untuk dikendalikan menggunakan komputer. Dengan peyimpanan informasi sistem ini menjadikannya sangatlah mudah jika dibanding dengan sistem analog. Namun tetap saja ada kekurangannya, yaitu memerlukan energi yang lebih banyak; lebih mahal; serta lebih rapuh.

Rangkaian Elektronika Digital

Lambang yang digunakan dalam Rangkaian Elektronika Digital adalah dengan notasi berupa aljabar 1 serta 0. Notasi 1 merupakan perlambang adanya koneksi, sebaliknya notasi 0 adalah perlambang tidak adanya hubungan. Cara yang paling mudah untuk memiliki pemahanan tentang kedua notasi tersebut adalah pada saklar sebuah lampu. Dimana saat kita menekan tombol ON akan menyebabkan terjadinya hubungan yang dinamakan notasi 1, dan ketika kita menekan tombol OFF akan menyebabkan putusnya koneksi yang dinotasikan 0.

Dalam praktiknya, Rangkaian ini  dianggap sebagai raja dari setiap peralatan elektronik. Contoh nya saja adalah Televisi, dimana saat kita mengatur untuk menambah volume atau mengurangi suara serta mengatur menu lainnya adalah penerapan dari teknologi digital sekaligus sebagai bukti keberadaannya yang penting. Didalam rangkaian digital ada susunan yang disebut dengan gerbang logika, yang fungsinya untuk melakukan suatu operasi logika di satu ataupun lebih input kemudian dihasilkan sebuah output tunggal. Hasil berupa output tunggal inilah yang merupakan hasil-dari serangkaian operasilogika yang didasarkan pada prinsip-prinsip aljabar boolean. Didalam ilmu elektronik sendiri, output serta input tersebut diwujudkan dari arus atau voltase yang tergantung pada type elektronik yang dipakai. Demkian sedikit pengantar Rangkaian Elektronika Digital dalam artikel ini, silahkan ikuti pembahasan lanjutannya di artikel lain blog ini.

Rangkaian Elektronika Digital. Post by: Fatma | 4.5

Categories: Rangkaian Elektronika