Rangkaian Elektronika Dasar

Rangkaian elektronika dasar ini dapat diartikan sebagai rangkaian dari elektronka yang basic-nya dari teori dasar elektronika  atau yang kita kenal sebagai dasar-dasar ilmu elektronika. Karena itulah maka semua rangkaian yang dibentuk nantinya adalah rangkaian yang masih sederhana. Hal ini juga menyebabnkan para pemula yang hendak mulai untuk mempelajarinya hingga bisa memahami ataupun memberikan analisa juga membentuk rancangan rangkaian sendiri, haruslah terlebih dahulu belajar tentang rangkaian-rangkaian  dasar ini.

Rangkaian ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian-rangkain elektronika. Dimana rangkaian-rangkaian elektronika merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun bagi industri dan komputerisasi serta bagi kemajuan teknologi. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan tekonologi kita sekarang sangat didukung oleh bidang ilmu elektronika. Demikian pula dengan ilmu rangkaian elektronika dasar yang juga bagian dalam disiplin ilmu tersebut.

rangkaian elektronika dasar

gambar rangkaian elektronika dasar

Untuk membuat suatu rangkaian sederhana sebenarnya sangatlah mudah. Dari segi biaya, waktu dan tenagapun sangatlah kecil bila kita dapat memahaminya dengan baik. Kita bisa melihat sekarang banyak rekan-rekan kita yang membuat suatu rangkaian yang hemat dari segala aspek yang biasanya menjadi hambatan seseorang membuat rangkaian ini. Rangkaian-rangkian yang demikian biasanya kita namakan sebagai rangkaian elektronika sederhana, atau biasa disebut dengan rangkaian sederhana. Disebut demikian karena memang dibuat dengan sesederhana mungkin, sehingga para pemula pun dengan mudah dapat membentuknya sendiri tanpa harus belajar langsung dengan seseorang.

Hanya cukup dengan mencontoh apa yang telah dikerjakan, maka kita akan dengan mudah mengetahui bagaiamana rangkain itu dibuat dan bagaimana pula cara kerjanya. Walaupun dianamakan rangkaian sederhana, tidak berarti fungsinya biasa-biasa saja. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh rangkian ini. Misalnya saja kita bisa membuat saklar otomatis pompa air, alat pengusir nyamuk, penidur elektronik, detektor hujan, dan lain-lain. Pokoknya rangkaian sederhana ini tidak bisa dianggap remeh bila dimanfaatkan dengan banyak tujuan. Nah karena begitu mudahnya dan hematnya membuat rangkaian ini plus ditambah nilai fungsinya yang tidak bisa dianggap remeh, tentu sangatlah layak ilmu membuat rangkaian ini kita pelajari. So, ikuti artikel selanjutnya ya tentang membuat  rangkaian elektronika dasar.

Rangkaian Elektronika Dasar. Post by: Fatma | 4.5
Tags:, ,

Categories: Elektronika Dasar, Rangkaian Elektronika