Rangkaian Alat Uji IC

Rangkaian alat uji IC digunakan untuk menguji sirkuit terpadu (IC). Sirkuit terpadu atau dalam bahasa inggrisnya integrated circuit / IC) ialah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain-lain. IC adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronik. IC memilikii ukuran sebesar tutup pulpen sampai seukuran jempol jari dan bisa diisi hingga 250 kali serta dipakai pd alat-a;at elektronika seperti telpon, radio, kalkulator ataupun HP.

Kita dapat dengan mudah menguji setiap IC digital menggunakan semacam tester IC. Untuk pengujian IC, kita perlu menggunakan rangkaian hardware yang berbeda untuk IC yang berbeda. Inilah tester IC untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak seperti penguji IC lain, ini lebih handal dan lebih mudah karena kita tidak perlu memasang rangkaian yang berbeda untuk berbagai jenis IC, setiap kali kita perlu menguji mereka.

Berbeda dengan penguji IC yang tersedia di pasar saat ini yang biasanya mahal, alat uji IC ini terjangkau dan mudah digunakan. Alat uji IC ini dibuat menggunakan mikrokontroler 8951 bersama dengan keyboard dan unit layar. Hal ini dapat menguji IC digital yang  memiliki maksimal 24 pin. Karena diprogram, sejumlah IC dapat diuji dalam kendali memori yang tersedia. Alat uji IC ini dapat digunakan untuk menguji berbagai macam IC yang mencakup gerbang logika yang sederhana dan IC  sekuensial dan kombinasional seperti flip flop, counter, register geser dan sebagainya. Rangkaian alat uji IC  ini mudah dibawa dan mudah digunakan.

Diagram blok alat uji IC digital  seperti yang ditunjukkan di bawah ini terdiri dari dua IC mikrokontroler 8951, sebuah soket IC 24-pin, satu unit keyboard, unit layar dan indikator.

Gambar Diagram Blok Alat Uji IC

Rangkaian Alat Uji IC


Untuk menguji IC digital tertentu, masukkan IC ke dalam soket IC dan masukkan nomor IC menggunakan keyboard dan kemudian tekan tombol “ENTER”. Jumlah IC akan ditampilkan dalam unit display 7 segmen.

Empat LED disediakan sebagai indikator. Jika IC yang diuji adalah gerbang logika, maka setiap dari 4 LED indikator sesuai dengan 4 gerbang dari IC. Dalam  kasus lain dimana IC dimasukkan bukan sebuah gerbang logika, semua LED bekerja sebagai indikator tunggal.

Sekarang Anda tidak perlu pusing lagi untuk men-check kondisi IC, Anda bisa mengandalkan Rangkaian Alat Uji IC.

Rangkaian Alat Uji IC. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Rangkaian Elektronika