Rangkaian Alarm Mobil Anti Maling

Rangkaian alarm mobil anti maling. Ini adalah radio FM kontrol anti pencurian dapat digunakan kendaraan apapun yang memiliki sistem suplai DC 6 – 12 volt. Rangkaian ini bisa dipasang di kendaraan/mobil Anda dan bisa memberi peringatan dini ketika mobil yang diparkir di teras  atau tempat umum atas tindak pencurian.

Pencurian mobil adalah peristiwa yang jamak terjadi, terutama di kota-kota besar. Data kepolisian mengungkap, angka pencurian mobil pada 2010 mencapai 1.538 kasus. Ini adalah bukti bahwa maling mobil makin lama makin lihai. Guna mencegah pencurian mobil, pengguna mobil tidak boleh kalah pintar dari para maling. Untuk antisipasi, pengguna mobil sebaiknya memasang perangkat keamanan tambahan di mobil masing-masing berupa alarm anti maling. Di bawah ini adalah rangkaian alarm mobil anti maling.

 

Rangkaian alarm mobil anti maling

Gambar Skema rangkaian alarm mobil anti maling

Unit receiver dengan CXA1019, IC tunggal berbasis modul radio FM yang tersedia secara bebas di pasar disimpan di dalam. Penerima disetel ke frekuensi transmitter. Ketika pemancar dan sinyal yang diterima oleh penerima radio FM, ada suara mendesis pada output penerima, transistor T2 (BC548) tidak aktif. Hal ini menyebabkan transistor T3 relay driver yang mendapatkan basis maju yang dibias melalui resistor 10k R5 dan relay mendapatkan energi.

Ketika penyusup/pencuri mencoba untuk mengendarai mobil dan membawanya beberapa meter dari teras, hubungan radio antara mobil (pemancar) dan alarm (penerima) rusak. Sebagai hasil modul radio FM pada tingkat suara mendesis. Mendesis  sinyal AC  yang digabungkan untuk relay beralih ke rangkaian melalui audio transformator. Sinyal-sinyal AC yang diperbaiki dan disaring oleh dioda D1 dan kapasitor C8, dan tegangan DC positif yang dihasilkan memberikan bias maju ke transistor T2.

Jadi transistor T2 aktif, dan itu menarik basis transistor relay  T3 ke permukaan tanah. Relay menjadi aktif dan alarm terhubung melalui kontak relay N / C. Jika, secara kebetulan, pencuri tahu tentang alarm tanpa kabel dan memutus pemancar dari baterai, masih tetap remote alarm aktif karena tidak adanya sinyal, penerima terus memproduksi suara mendesis pada output. Jadi rangkaian alarm mobil anti maling ini cukup handal.

Rangkaian Alarm Mobil Anti Maling. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Rangkaian Elektronika