Rangkaian Adaptor

Rangkaian adaptor bisa diartikan sebagai suatu rangkaian yang berfungsi untuk membuat tegangan DC dari tegangan AC. Pada umumnya rangkaian ini digunakan sebagai cara lain untuk mengganti tegangan DC. Dua contoh yang biasanya dipakai adalah accumulator dan baterai. Adaptor banyak dipakai pada peralatan elektronika sehari-hari seperti tv, amplifier dan radio. Keunggulan utama rangkaian ini dibandingkan jenis lainnya adalah dari segi kepraktisan dan ukurannya yang lebih kecil. Oleh sebab itu kebanyakan orang lebih menyukai memakai jenis rangkaian ini. Selain kelebihan tersebut, rangkaian ini juga memiliki kelebihan lain yang tentunya patut kita ketahui.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh rangkaian adaptor adalah disaat memakai accumulator maupun baterai baru maka untuk menghubungkannya akan lebih praktis. Sebabnya ialah karena adaptor bisa didapatkan melalui sumber tegangan AC yg umumnya ada disetiap rumah kita, yakni arus listrik yang dipasang oleh PLN. Dengan rangkaian adaptor kita akan memiliki lama jangka waktu yg lebih baik, namun dengan syarat masih terdapatnya sumber segangan AC yang mengalir. Tegangan AC merupakan kebutuhan pokok yang harus selalu ada dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Rangkaian Adaptor

Rangkaian adaptor terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama disebut input dan terdiri dari kabel input serta jack. Selanjutnya bagian yang kedua disebut penurun tegangan yang memiliki fungsi menjadikan tegangan Ac menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Bagian yang ketiga disebut dengan bagian penyearah dengan fungsi sebagai penghilang tegangan AC yang terlewat. Terakhir adalah bagian keempat yang disebut sebagai output dengan fungsinya untuk mengeluarkan tegangan DC. Besarnya tegangan DC yang dikeluarkan adalah sama dengan pengaturan rotary switch untuk tegangan output yang diinginkan pada trafo step down.

Demikian sedikit pembahasan mengenai rangkaian adaptor, semoga bermanfaat ya.

Rangkaian Adaptor. Post by: Fatma | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Rangkaian Elektronika