Pengertian Power Supply

Pengertian power supply adalah suatu hardware komponen elektronika yg mempunyai fungsi sebagai supplier arus listrik dengan terlebih dahulu merubah tegangannya dari AC jadi DC. Jadi arus listrik PLN yang bersifat Alternating Current (AC) masuk ke power supply, dikomponen ini tegannya diubah menjadi Direct Current (DC) baru kemudian dialirkan ke komponen lain yang membutuhkan. Proses pegubahan tegangan tersebut dilakukan karena hardware pada umumnya seperti komputer, hanya bisa bekerja dengna menggunakan arus DC. Ibaratnya makhluk hidup, power supply sama dengan jantung yang fungsi utamanya untuk memompa hasil proses pembentukan darah keseluruh tubuh yang memerlukannya.

Bila kita mengkaji dari segi bahasa, pengertian power supply merupakan kata yang diadopsi dr bahasa inggris. Sedangkan penggunaan kata yang sebenarnya, dalam bahasa indonesia ialah Catu Daya. Penampakan powers supply bila dilihat luarnya adalah berupa kotak berbentuk persegi, sedangkan dari dalam berupa papan induk dengan sejumlah komponen berupa kesatuan rangkaian elektronika.

Power supply dibedakan menjadi dua jenis berdasar rancangannya. Yang pertama ialah Catu Daya Internal, yakni komponen yang dibuat secara terintegrasi dgn motherboard / papan rangkaian induk. Contoh ampilifier, televisi, DVD Player; catu dayanya jadi satu dengan motherboard-nya didalam chasing perangkat tersebut. Yang kedua ialah Catu Daya Eksternal, yakni komponen yang dibuat dengan terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contoh charger Laptop dan charger HP.

pengertian power supply

OK setelah membahas pengertian power supply, kita bahas satu bagian penting dari komponen ini. Untuk menyuplai arus listrik ke komponen lain yang membutuhkan, power supply memakai konektor sebagai penghubungnya. Konektor pada catu daya terdiri dari berbagai jenis yang menyesuaikan dengan hardware / komponen yang akan disuplai dengan aliran listrik. Selanjutnya saya jelaskan fungsi dari setiap jenis konektor dalam power supply:

  1. Konektor 20 PIN dan 24 PIN ATX Motherboard : jenis konektor ini dipakai untuk menghubungkan Power Supply dengan Motherboard untuk mengalirkan daya kepadanya.
  2. Konektor 4 PIN dan 8 PIN : jenis konektor 4 pin 12v umumnya dipakai untuk komputer dengan pentium 4. Kemudian jenis konektor 8 pin 12v umumnya dipakai untuk jenis komputer server. Fungsi konektor ini untuk menyuplai daya secara khusus kepada processor.
  3. 6 PIN AUX – Power Kabel : jenis konektor ini dipakai untuk komponen VGA Card berjenis PCIe karena komponen ini membuatuhkan daya yang lebih untuk beroperasi.
  4. Konektor 4 PIN Peripheral : jenis konektor ini dipakai sebagai penghubung ke komponen seperti kipas angin; CD-ROOM; HD; dll.
  5. Floppy Disk – Power Kabel : jenis konektor ini dipakai untuk menyuplai daya ke komponen floppy disk.
  6. SATA – Power Kabel : jenis konektor ini dipakai untuk menyuplai daya ke komponen-komponen yg port-nya berjenis SATA. Contoh: CD-Room SATA dan Hard-Disk SATA.

Sekian dulu tulisan mengenai pengertian power supply ini, moga kedepannya bisa dilanjut ya. Terimakasih.

Pengertian Power Supply. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Power Supply