Membuat Rangkaian UPS Mini

Rangkaian UPS Mini. Sebagian besar perangkat yang kita pakai menggunakan pasokan listrik. Dari mulaiVCD/DVD player, setrika, televisi sampai komputer. Jadi pantas kalau pemerintah sering mengajurkan untuk hemat listrik karena adanya keterbatasan pasokan listrik. Sementara itu diversifikasi energi juga tetap harus diupayakan supaya kita tidak selalu mengandalkan aliran listrik. Bagaimana nich? Sudahkah Anda berhemat listrik? Sudahkah memakai energi lain selain energi listrik?

Kami yakin, Anda suatu ketika pernah merasakan jengkel karena tiba-tiba pasokan aliran listrik padam sedangkan Anda sedang menyelesaikan pekerjaan atau pun proses produksi. Tentu kerugian yang tak sedikit bisa Anda alami. Nah untuk menanggulangi adanya padam/pemadaman aliran listrik, ada baiknya Anda sekarang mencoba untuk membuat Rangkaian UPS Mini. Uninterruptible Power Supply atau biasa disingkat UPS ini dipakai buat antisipasi bila listrik mati.

Gambar Skema Rangkaian UPS Mini

Gambar Skema Rangkaian UPS Mini

Walaupun kehandalannya tidak seperti UPS yg asli, Rangkaian UPS Mini ini cukup berarti. Dari segi biayapun lebih relatif murah dibandingkan dengan membeli UPS yg asli. Output dari  rangkaian UPS ini mempunyai daya kira-kira sebesar 1,5W. Sebelum rangkaian utama, ada  rangkaian seperti mini adapter yg mempunyai tegangan diantara 9 V s/d 12 V serta dgn kuat arus sejumlah 500m A. Hasil tegangan tersebut dipakai buat menjalankan rangkaian serta men- charge battery. Sebuah rancangan UPS haruslah tetap bisa mengoperasikan perangkat-perangkat elektronika walaupun dalam keadaan listrik padam. Disaat inverter berjalan dgn masukan arus AC, setelah itu di rubah jadi tegangan arus DC. Pd komponen output penyearah dipakai buat charge battery. Saat terjadinya gagal power atau terjadinya padamnya aliran listrik, tegangan arus DC bergerak menuju inverter yg selanjutnya dihasilkan tegangan arus AC pada keluaran komponen inverter. Demikian sedikit ulasan mengenai rangkaian UPS mini ini, semoga bisa dipraktekkan.

Membuat Rangkaian UPS Mini. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Rangkaian Elektronika