Materi Elektronika Dasar

Saturday, August 11th 2012. | Elektronika Dasar

Materi elektronika dasar dibagi menjadi beberapa bagian. Secara keseluruhan ada sembilan bab utama yang akan dibahas. Yang kemudian ditiap bab utama tersebut, dibahas kembali dalam sub-bab tersendiri untuk memperdalam pembahasannya. Dengan demikian tentu sangatlah banyak yang materi yang termuat didalamnya, dimulai dari sembilan bab utama ditambah dengan sub-babnya yang berikisar antara dua hingga lima pembahasan. Mari kita lihat saja, materi apa sajakah itu.

Bab pertama dari materi elektronika dasar ialah Resistor yang terdiri dari sub-bab: jenis dan bentuk resistor, perhitungan nilai resistensi dari resistor dengan cincin warna, rangkaian seri paralel, serta menggunakan hukum ohm.  Bab kedua membahas tentang hukum kirchoff pada rangkaian seri-paralel. Bab ketiga adalah kapasitor dan konstanta waktu RC dengan sub-banya yaitu: jenis dan bentuk kapasitor, rangkianan kapasitor paralel dan seri, kapasitansi kapasitor, serta pengosongan dan pengisian muatan listrik. Bab keempat materinya mengenai Dioda Semikonduktor yang dibahas lebih lanjut dalam sub-bab: struktur dan simbol dioda, komponen dioda elektronika, karakteristik diode, rangkaian forward bias dan reverse bias, rangkaian diode untuk menghidupkan Light Emitting Diode / LED. Bab kelima membahas materi Rangkaian Penyearah, sub-babnya adalah: manfaat dioda untuk penyearah, rangkaian penyearah setengah gelombang, rangkaian penyearah gelombang penuh dengan center tap / CT, rangkaian penyearah gelombang penuh dengan jembatan dioda.

Materi Elektronika Dasar

Bab keenam tentang Catu daya teregulasi atau rangkaian regulator catu daya, sub-banya adalah rangka ian penye arah gelom bang penuh dengan fil ter kapasitor, rangka ian penye arah gelom bang pen uh den gan regu lator positif, dan rangka ian penye arah gelom bang pen uh den gan regu lator nega tif. Bab ketujuh Transistor Bipolar membahas lebih lanjut dengan sub-bab: simbol transistor PNP dan NPN, kaki-kaki transistor, karakteristik transistor bipolar, rangkaian sederhana transistor bipolar. Bab kedelapan materinya tentang Transistor untuk saklar elektronik, sub-babnya adalah: rangkaian transistor sebagai saklar dengan output pada kaki kolektor, rangkaian transistor sebagai saklar dengan output pada kaki emiter tanpa Rb, dan rangkaian transistor sebagai sakelar untuk menggerakkan motor DC. Materi elektronika dasar terakhir adalah bab kesembilan adalah tentang Light Dependent Resistor / LDR sebagai sensor cahaya, yang dibahas dengan sub-bab: bentuk umum dan karakteristik LDR; rangkaian pembagi tegangan LDR; aplikasi pemakaian LDR; dan rangkaian transistor mengaktifkan relay.

Demikan sembilan bab tersebut yang tidak mungkin dalam satu artikel ini dipembahasannya satu persatu. Sebagai penggantinya dibuat beberapa artikel yang membahas berdasarkan bab per bab nya. Jadi silahkan gunakan kotak pencari di sisi kanan atas blog ini ya. Selamat mempelajari Materi Elektronika Dasar.

tags: , , ,