Kondensator

Thursday, February 14th 2013. | Kapasitor

Kondensator dalam artikel kali ini saya akan mengulas dari pengertian, fungsi, jenis, simbol, maupun bagaimana sih gambar komponen ini.

Pengertian kondensator adalah sebuah komponen yg bisa sebagai penyimpan energi didlm medan listrik, caranya ialah dengan memadukan ketidak-seimbangan intern dr muatan listriknya. Dari arti tersebut bisa kita tarik sebuah kesimpulan mengenai fungsi kondensator, secara umum yaitu menyimpan sejumlah energi ke dlm medan listrik. Nah, kalau ada umum tentunya ada khusus dong. Begitu juga dengan kegunaan kondensator, kalau yang dalam artikel ini saya sebutkan yang umum, maka haruslah ada juga pembahasan fungsi khususnya juga. Tapi saya sudah menulisnya diartikel lain sebelumnya diblog ini, males ah nulis hal yang sama. Silahkan saja langsung simak di link berikut ya fungsi khususnya :) : fungsi kapasitor (klik di kata yg bergaris bawah).

Gambar Kondensator

Gambar Kondensator

Lho kok kapasitor? Jawabannya ya karena kondensator itu nama lainnya kapasitor. Karena budaya dan keadaan serta juga karena pelafalan bahasa untuk tiap-tiap negara berbeda, tergantung kepada masyarakatnya lebih banyak menggunakan penyebutan yang mana. Untuk di Indonesia kita lebih mengenal kata capacitor / kapasitor, dan untuk dalam keilmuan elektronika memiliki singkatan berupa huruf C. Sedangkan bila kita lihat sejarah komponen ini sendiri, pertama kali pada tahun 1782 disebut oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Italia yaitu Alessandro Volta dengan kata dalam bahasa Itali yaitu “condensatore”.

Macam-Macam Kondensator

Ada 3 jenis kondensator yang dibagi berdasarkan kegunaannya, yaitu:

  1. Kondensator Elektrolit (ELCO = Electrolite Condenser)
  2. Kondensator Variabel (nilai kapasitasnya bisa diubah)
  3. Kondensator Tetap (nilai kapasitasnya tak bisa diubah/ tetap)

Simbol Kondensator pada skema elektronika

  1. Bila ia memiliki 2 kaki dan 2 kutub (positif dan negatip), serta mempunyai larutan elektrolit dan umumnya memiliki bentuk tabung. Lambang : Simbol Kondensator
  2. Bila nilai kapasitasnya rencah dari yang lain, kemudian tidak memiliki kutub negatif ataupun positif dikakinya, serta bentuknya bulat pipih seperti kancing baju/tablet dgn warna coklat; hijau; merah; dll. Lambang: Lambang Kondensator

Demikian dulu ya, pembahasan kali ini. Lain waktu kita bahas lagi ya mengenai komponen Kondensator ini.

tags: