Komponen Motherboard

Komponen motherboard yang saya tulis kali ini berbeda dengan komponen cpu ya. Kalau belum tau perbedaannya, silahkan baca dulu artikel komponen cpu yang sudah saya tulis sebelumnya. Kalau udah tau, ok dah ngga usah bertele-tele lagi. Kita langsung aja membahas komponen-komponen mainboard atau papan sirkuit utama komputer. Silahkan langsung cocokkan nomor pada gambar dan nomor komponen yang saya jelaskan dibawah ini.

Komponen Motherboard

  1. Soket Processor adalah tempat Komponen Motherboard prosesor dipasang. Setiap papan sirkuit utama komputer memiliki jenis soket tersendiri, yang menyebabkan hanya jenis processor tertentu yang bisa diletakkan didalamnya.
  2. Slot Memory adalah lokasi komponen RAM dipasang. Samahalnya dengan processor, jenis slot dan type RAM ini juga berbeda-beda. Jadi pastikan dulu jenis dan tipe komponennya sebelum membeli.
  3. Northbridge adalah Komponen Motherboard yang fungsi utamanya untuk mengatur lalu-lintas data diantara processor dgn system memory serta saluran utama dari mainboard.
  4. Southbridge adalah komponen papan sirkuit utama yang berguna untuk membantu komponen northbridge untuk terkoneksi dengan periferial / komponen lainnya.
  5. Slot-PCI-Express-x16 adalah slot tambahan khusus untuk komponen kartu grafis VGA dari generasi yang terbaru.
  6. Slot-PCI-Express-x1 adalah slot tambahan lainnya yang digunakan untuk komponen motherboard selain VGA, seperti sound card contohnya.
  7. Slot AGP adalah slot yang dipakai untuk kartu VGA generasi sebelumnya, yaitu untuk komponen VGA sebelum adanya slot PCI-Express.
  8. Slot PCI adalah slot yang pada umumnya ada di motherboard, dan digunakan untuk komponen card yang memiliki kecepatan dibawah komponen-komponen pada slot AGP atau PCI-Express.
  9. Basic-Input-Output-System atau disingkat / dikenal dengan nama BIOS adalah software kecil yang berada didalam IC-ROM / Flash. Gunanya adalah untuk menyimpan pengaturan yang kita lakukan terhadap mainboard.
  10. Baterai CMOS adalah komponen motherboard khusus yang fungsin utamanya sebagai sumber daya untuk BIOS.
  11. Post SATA adalah slot dengan sistem antarmuka generasi terbaru pada komponen media penyimpanan. Dengan melalui port ini kita bisa menghubungkan antara system komputer dengan hard-disk.
  12. Port IDE adalah slot dengan sistem antarmuka generasi sebelum SATA, dimana fungsinya juga sama yaitu mengoneksikan antara HDD dengan sistem komputer.
  13. Port Floppy-Disk adalah slot yang digunakan untuk menghubungkan komponen motherboard berupa media penyimpanan removable (bisa dicabunt/pasang) seperti disket.
  14. Port Power adalah slot yang digunakan untuk mengalirkan daya dari sumbernya ke sistem komputer.
  15. Back Panel adalah adalah kumpulan dari slot-slot atau port yang peletekannya ada dibelakang casing komputer kita.

Nah sobat, demikian penjelasan mengenai komponen-komponen dari mainboard ini. Semoga bisa menjadi bahan yang menarik untuk dipelajari ya. Pokoknya kalau udah 2-3 kali baca, biasanya udah mengerti kok apa aja itu komponen motherboad :)

Iklan terkait: Komponen Motherboard

tags: