Komponen-Komponen Komputer

Komponen-komponen komputer secara umum dibagi jadi dua bagian, yaitu komponen tambahan dan  utama. Komponen-komponen utama merupakan hal yang mutlak harus ada agar komputer bisa dinyalakan. Apabila salah satu saja dari komponen tersebut tidak ada, maka fungsi komputer tidak bisa berjalan dengan seharusnya. Contohnya adalah Sound Card, RAM, Hard Disk, Processor, VGA, dll.  Sedangkan untuk komponen tambahan, fungsinya sebagai pelengkap agar komputer dapat digunakan untuk pekerjaan lainnya, dan tidak mempengaruhi komputer secara utuh bila tidak ada. Contoh Komponen-Komponen Komputer ini umumnya seperti USB Card, Scanner, Printer, Speaker, dll.

komponen-komponen komputer

Komponen-Komponen Komputer Utama

  • Motherboard ialah komponen yang paling utama untuk sebuah Computer. Bahasa Indonesia nya adalah papan induk. Disebut demikian karena memang sebagian besar Komponen-Komponen Komputer utamanya akan dipasang pada slot-slot yang ada di komponen ini. Bentuk dari motherboard termasuk slot-slot yang melekat padanya akan terus berubah seiring perubahan teknologi komponen lainnya. Karenanya kita harus jeli memilih komponen yang cocok untuk motherboard yang kita miliki. Selain fungsi utamanya untuk meletakan komponen utama lainnya, fungsi lainnya adalah untuk membagi arus yang masuk pada tiap-tiap komponen. Oleh sebab itu, pilihlah papan induk yang sesuai dan mintalah saran pada ahlinya.
  • Processor bisa disebut sebagai otak untuk sebuah komputer, karena komponen inilah yang memiliki fungsi untuk melakukan perhitungan maupun eksekusi atas perintah-perintah yang kita berikan. Jenis prosessor juga terus berubah seiring perkembangan jaman. Komponen yang paling dekat dengan prosessor adalah heatsink fan, yang fungsinya untuk mendinginkan dan letaknya selalu sangat dekat dengan Processor untuk mencegahnya mati kepanasan.
  • Random Access Memory atau RAM merupakan komponen yang fungsinya menyimpan sementara semua data dari seluruh program hasil olahan Komponen-Komponen Komputer yang sedang berjalan. Dalam perkembangannya, teknologi RAM selalu diikuti dengan penomoran. Mulai dari yang lawas yaitu DDR, hingga yang terbaru sekarang DDR3.
  • Video Card adalah komponen yang berfungsi untuk menyambung atau menerjemahkan hasil olahan dari komputer menuju monitor. Komponen ini dianggap penting karena bagaimana mungkin kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi pada komputer kita tanpa bantuan visual dari monitor. Bila dikelompokkan, maka VGA ada yang telah terintegrasi langsung di motherboard dan ada pula yang ditambahkan melaui slot tambahan yang ada di motherboard. Dengan memberikan VGA tambahan pada komputer, tentu akan menambah kualitas visual yang dihasilkan oleh monitor.
  • Sound Card sesuai dengan namanya berfungsi untuk menghasilkan suara, dimana juga ada yang terintegrasi langsung dengan motherboard dan ada yang dapat ditambahkan pada slot tertentu pada motherboard. Dengan soundcard tambahan, tentunya akan menambah kualitas dari suara yang dihasilkan.
  • Hard Disk adalah tempat menyimpan seluruh data baik berupa video, audio, text, dll. Selain kemampuan penyimpanan dengan jumlah yang berbeda beda, sekarang ada teknologi solid state disk yang tidak lagi menggunakan sistem optik sebagaimana pada harddisk lama. Dengan tekhnologi baru ini, kecepatan membaca dan menulis data pada hard disk tentu akan lebih cepat serta tahan akan adanya goncangan.
  • Optical Disc Drive atau yang kita biasa kenal dengan nama cd room; dvd room; dll merupakan Komponen-Komponen Komputer yang dipakai untuk membaca dan menulis media disk.
  • Monitor merupakan komponen yang digunakan untuk tempat keluarnya visual gambar ataupun video. Teknologi monitor sekarangpun sudah bermacam-macam, diantaranya monitor tabung dan layar datar.
  • Keyboard dan mouse merupakan Komponen-Komponen Komputer yang dipakai untuk menginput perintah ke komputer.  Tanpa adanya kedua komponen ini, hanya komputer yang berfungsi secara otomatis yang dapat berjalan dengan sendirinya.
  • Power Supply dipakai untuk mengalirkan listrik kedalam komputer. Yang perlu diperhatikan dalam memilih komponen ini adalah daya yang dibutuhkan Komponen-Komponen Komputer haruslah sesuai dengan daya yang dapat diberikan oleh power supply.
  • Casing merupakan komponen berupa wadah untuk meletakkan motherboard plus komponen lain yang melekat padanya. Karenanya pilihlah ukuran casing yang dirasa cukup untuk menampung semua kebutuhan hardware yang kita perlukan.

Komponen-Komponen Komputer Tambahan

  • LAN Card atau yang disebut juga dengan kartu jaringan adalah penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya.
  • Modem adalah komponen komunikasi untuk mengirimkan dan menerima sinyal dari dua arah. Fungsi utama yang kita ketahui adalah untuk jaringan internet.
  • USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus yang digunakan untuk penghubung. Kita sering menggunakan komponen ini untuk menghubungkan ponsel; flash disk; kamera digital; dll; dengan komputer kita.
  • Printer dan Scanner adalah Komponen-Komponen Komputer tambahan input dan output. Printer dipakai untuk menghasilkan cetakan dari olahan yang kita buat melalui komputer. Scanner dipakai untuk memintadi gambar, text, foto atau dokumen-dokumen lainnya yang kemudian disimpan dalam bentuk file.
  • Speaker adalah komponen yang mengeluarkan suara dari hasil olahan sound card. Kualitas suara dari komputer juga ikut dipengaruhi dari jenis speaker yang digunakan.
  • Bluetooth, wifii, atau jaringan nirkabel lainnya merupakan Komponen-Komponen Komputer mempunyai fungsi untuk memindahkan data dari satu alat ketempat lainnya dengan batasan wilayah tertentu.

Demikian sobat artikel kali ini, baca juga artikel saya sebelumnya tentang komponen cpu dan motherboard ya. Moga dapat menambah pengetahuan kita mengenai Komponen-Komponen Komputer ya.

Iklan terkait: Komponen-Komponen Komputer

tags: