Komponen Elektronika Dasar

Komponen Elektronika Dasar wajib diketahui sebagai bagian yang paling mendasar dibidang elektronika, yaitu salah satu ilmu yang penting harus dikuasai dalam disiplin imu fisika. Komponen elektronika sendiri merupakan suatu benda yang merupakan alat pendukung dari sebuah rangkaian elektronik sehingga bisa berfungsi sebagaimanamestinya. Komponen ini dapat dilihat langsung pada suatu papan rangkaian, seperti pada papan rangkaian PCB, Protoboard, CCB. Selain yang menempel langsung, dapat pula dilihat pada veroboard yang tidak menempel langsung karena disolder dengan penghubung lain seperti kabel.

Komponen Elektronika Dasar terdiri dari satu atau beberapa bahan elektronik, yang mana bahan ini juga terdiri dari satu atau lebih unsur materi. Kemudian bila semua disatukan, selanjutnya dipanaskan, juga ditempelkan dan sebagainya akan membuat sebuah efek yang bisa berupa panas maupun suhu yang berbeda,  menggetarkan ataupun menangkap sebuah materi, mengubah suatu arus, daya listrik, tegangan, dan lain-lainnya.

Komponen Elektronika Dasar

Sekarang, apa sajakah yang termasuk Komponen Elektronika Dasar? Bila didasarkan cara kerjanya maka para teknisi dan saintis mengenal tiga jenis komponen, yaitu:

  1. Komponen Pasif, adalah komponen yang tidak bisa hanya sendirian untuk membangkitkan suatu arus atau tegangan. Maksudnya yaitu merupakan bagian dari rangkaian elektronika yang dapat berfungsi tanpa dengan adanya catu daya. Sebagai contoh komponen ini seperti induktor, resitor, transformator, dan kapasitor.
  2. Komponen Aktif, adalah komponen dari suatu rangkaian elektorik yang hanya bisa berfungsi dan bekerja dengan baik bila dikombinasikan dengan catu daya luar. Contohnya yaitu rangkaian terpadu (IC=Integrated Circuit), transistor, dan diode.
  3. Komponen Penunjang, adalah komponen yang melengkapi suatu rangkaian elektronika yang biasanya tidak mesti harus ada didalamnya. Komponen ini contohnya seprti konektor, saklar, dan lain-lain.

Demikian tiga jenis komponen yang mesti sudah dikenal bila ingin belajar ilmu elektronika dasar. Memang tidak semua komponen bisa disebut karena jumlahnya sangat banyak. Disini kita bedakan menjadi tiga agar lebih mudah mengetahui fungsi masing-masing komponen tersebut. Untuk yang mencari yang lebih lengkap, silahkan baca daftar komponen elektronika dasar.

Komponen Elektronika Dasar. Post by: Fatma | 4.5
Tags:, ,

Categories: Elektronika Dasar, Komponen Elektronika