Komponen CPU

Komponen CPU terdiri dari 7 bagian component. Pengertian dari Central-Processing-Unit sendiri adalah tempat sentral untuk proses suatu data dalam sebuah komputer yang berisikan komponen-komponen mulai dari otak komputernya yaitu prosessor hingga media penyimpanannya. Berikut uraian dari masing-masing komponen tersebut.

Komponen CPU

  1. Motherboard atau yang sering disebut juga dengan mainboard adalah papan circuit utama didalam sebuah CPU. Papan ini digunakan untuk menghubungkan antara perangkat keras / hardware / komponen dengan perangkat keras lainnya. Di moteherboard tersebut terdapat slot-slot serta fasilitas buat processor. Slot serta fasilitas lainnya itu sangat penting kita ketahui ketika hendak merakit komputer, karena kita harus mengetahui jenis processor yang digunakan apakah memakai slot; soket; atau Lga yang merupakan jenis terbaru. Kemudian kita juga perlu tahu tipenya juga apakah pengabelannya dengan SATA / IDE, jumlah port yg onboard, fasilitas PCI-nya, slot memorinya bagaimana, dll.
  2. Prosessor adalah Komponen CPU yang memiliki fungsi sebagai alat pemikir serta logika ketika terdapat perintah dari komputer. Dengan bentuknya berupa chip kecil, alat ini memiliki berbagai jenis kecepatan yang berbeda-beda. Processor yang memiliki kecepatan tinggi akan memiliki kecepatan yang tinggi pula dalam hal pemprosesan sebuah data.
  3. RAM / Random-Acess-Memory dipakai buat menyimpan sebuah data serta program-program secara sementara / temporer. Tipikal dari ukuran memori RAM ini adalah 32 atau 64 Megabyet. Namun ukuran total memori ini seringkali dapat diperbesar dengan menambahkan IC-IC ekstra. Hal ini mungkin diperlukan apabila kita bekerja dengan file-file super besar, seperti ketika mengolah foto-foto agar lebih detil dan tajam.
  4. Hard-Disk adalah Komponen CPU yang digunakan untuk menyimpan program dan data secara cepat. HD merupakan unit penyimpanan data utama pada sistem komputer. Semua program yang sedang dijalankan disimpan didalamnya, beserta dengan file-file yang digunakan atau dihasilkan oleh program yang bersangkutan. Ketika komputer sedang bekerja, program-program dan blok-blok data secara terus-menerus dipindahkan dari hard-disk ke RAM, dan sebaliknya.
  5. Sound-Card dan VGA adalah komponen CPU yang dipakai untuk memperoleh visual yang lebih baik dan kualitas suara yang lebih jernih. Alat ini umumnya tidak secara langsung dipasang pada motherboard sebuah komputer, karenanya kita dapat membelinya sendiri dan memasangkannya ke dalam slot PCI di motherboard komputer kita.
  6. Optical-Drive adalah Komponen CPU yang dipakai untuk memutar piringan DVD / CD / Blueray / piringan lainnya sesuai kemajuan teknologinya. Optical Drive terdapat dalam berbagai jenis dan type dipasaran, ada CD-Room; CD R/W; DVD Room, DVD Combo, DVD R/W, dll.
  7. Power-Supply adalah komponen CPU yang digunakan untuk mengalirkan listrik dari sumbernya ke komputer. Alat ini akan mengubah dulu aliran listrik yang berjenis AC menjadi DC sebelum diteruskan ke motherboard komputer.

Demikian artikel ini ditulis, semoga bermanfaat dan sesuai dengan apa yang sobat cari. Untuk komponen motherboard sendiri akan saya uraikan dalam artikel selanjutnya. Jadi silahkan baca artikel saya selanjutnya diblog ini ya, dan jangan lupakan ketujuh komponen CPU ini.

Iklan terkait: Komponen CPU

tags: