Kapasitor BANK

Kapasitor bank adalah merupakan salah satu komponen elektronik yang dibangun dari sejumlah kapasitor, dimana fungsi dan tujuannya untuk membaiki cos phi atau disebut juga faktor daya. Untuk memasang komponen ini caranya selalu sama yaitu secara paralel. Walaupun pemasangan selalu dengan cara paralel, tetapi ada tiga teknik pemasangan yang bisa dipilih yaitu:

Cara pertama pemasangan kapasitor bank adalah individual, yaitu hanya bus yang faktor dayanya akan dibaiki saja yang perlu dipasangi. Dengan menggunakan cara ini maka kita akan mendapat keuntungan yang membuat kondisi cos phi pada tiap-tiap busa selalu terjaga dengan baik. Plus faktor daya pada sistem juga akan terjaga dengan baik. Tapi kerugiannya adalah sistem ini sangat boros dan mahal pula harganya.

kapasitor bank

Cara kedua adalah grup, yaitu pemasangan kapasitor bank dengan cara penempatannya di bus yang paling atas pada suatu grup dalam satu interkoneksi pula. Jangan salah pengertian ya, BUKAN ditempakan pada bus paling atas pada keseluruhan sistemnya. Adapun untungnya memakai metode ini ialah bisa membaiki faktor daya / cos phi di suatu grup. Sedangkan kekurangannya adalah hanya dapat memperbaiki cos phi didalam suatu grup saja. Ia tidak tetap saja tidak dapat membaiki faktor daya secara seluruhnya.

Cara ketiga atau terakhir dalam pemasangan Kapasitor BANK ini adalah dengan memasangnya pada bagian bus utama dalam sistem. Dengan memakai cara ini maka dapat dilakukan perbaikan terhadap cos phi secara menyeluruh yaitu di bus utamanya. Untungnya ialah murah harga yang didapat serta cos phi sistem tetap bagus. Kelemahannya, tidak bisa melakukan perbaikan terhadap cos phi di tiap-tiap bus beban. Akibatnya sering adanya drop pada tegangan dan cos phi menjadi buruk ditiap bus beban yg mempunyai motor / beban dinamik.

Itulah ketiga cara pemasangan Kapasitor BANK yang bagaimanapun tidak ada yang terburuk maupun yang terbaik, karena untuk melakukan pemasangannya haruslah dicocokkan dgn kebutuhan yang ada dan tidak bisa sembarang pasang dengan bermacam posisi. Masalah harga juga menentukan pemilihan spesifikasi yang perlu penyesuaian dengan yang dibutuhkan. Nah, sekarang sudah semua mengenai Kapasitor BANK dibahas. Selamat belajar.

Kapasitor BANK. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Kapasitor