Fungsi Power Supply

Fungsi power supply dlm perangkat elekronika sangatlah penting, sebab komponen ini yang akan membagi tegangan bagi seluruh komponen lainnya dalam suatu perangkat elektronika. Power supply fungsi nya sebagai pengubah arus dr tegangan AC jd arus DC. Contohnya pada komputer, fungsi tersebut penting karena sebuah computer hanya bisa berjalan dgn menggunakan tegangan DC.

Pengertian power supply sendiri adalah suatu komponen yg berada di dlm CPU dgn fungsinya sebagai penyalur tegangan listrik ke seluruh komponen lainnya dalam suatu rangkaian elektronika. Power supply yg tidak baik atau sudah rusak, akan menyebabkan arus DC jadi tidak rata serta ripple yaitu banyak riak-riaknya. Bila power supplu yg rusak tersebut digunakan terus-menerus, maka akan menimbulkan rusak pula pada komponen lainnya dalam rangkaian elektronika yg digunakan. Contohnya pada komputer, maka bisa merusak hardisk-nya.

Cara kerja power supply cukup mudah untuk dipahami. Cobalah perhatikan saat kita menekan tombol on pada casingnya, power supply akan terlebih dahulu melakukan pengecekkan dan pengetesan sebelum akhirnya melakukan start system. Seiring dengan telah suksesnya cek dan tes yang dilakukan, komponen ini langsung mengirimkan signal spesifik ke motherboard yakni tepatnya yang bernama power good.

Fungsi Power Supply

Jenis Power Supply

Jenis-jenis power supply dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni jenis AT dan jenis ATX.  Tiap-tiap jenis komponen ini mempunyai fungsi dan penggunaan yang beranekaragam. Namun sebelum membahas lebih rinci mengenai kedua jenis power supply ini, kita simak dulu jenis konektor kabel nya ya:

a)      Konektor SATA, dipakai untuk optical drive atau hardisk jenis SATA.

b)      Konektor Floppy, digunakan pada floppydisk drive.

c)       Konektor 6-pin PCIe, dipakai buat kartu grafis berjenis PCIe.

d)      Konektor 4/8 pin 12v, digunakan pada motherboard server.

e)      Konektor 4 pin peripheral power, dipakai buat periferal spt CD-ROM; Hardisk; dan Kipas.

f)       Konektor 20/24 pin ATX Motherboard.

Power supply AT adalah jenis komponen ini yg tombol ON dan OFF-nya  secara langsung terhubung dgn tombol pada casing. Kalau kita mau menyalakan ataupun menonaktifkan sebuah komputer, kita cukup memencet tombol power yg berada dibagian depannya sebuah casing.  Power supply jenis ini mempunyai kabel power yg terkaik langsung ke motherboard serta dipisah jadi dua buah konektor power yakni P9 dan P8. Penggunaan dari fungsi power supply ini hanya sampai di jaman teknologi komputer dgn pentium II.

Power Supply ATX adalah jenis terbaru dari komponen ini dan paling banyak dipakai diera sekarang. Untuk membedakan jenis power supply ini dgn tipe AT adalah dari tombol powernya. Kalau jeis AT memakai switch, maka jenis power supply ATX memakai tombol yg mengirimkan sinyal menuju motherboard layaknya tombol power di keyboard.

Demikian dulu ya pembahasan mengenai fungsi power supply ini. Mungkin dilain waktu bila ada yang perlu dibahas, bisa kita lanjutan fungsi power supply ini. Terimakasih.

Fungsi Power Supply. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Power Supply