Elektronika Dasar 1

Tuesday, August 21st 2012. | Elektronika Dasar

Elektronika Dasar 1 membahas antara lain asal muasal kata elektronik berasal, ilmu dan pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Yah, sebagai orang awam tentu akan menggunakan istilah elektronika tanpa mengetahui makna sebenarnya. Pokoknya yg pake listrik itu barang elektronik lah, begitu anggapan orang awam. Padahal antara penggunaan kata benda elektrik dan benda elektronik, memiliki tempatnya masing-masing. Tapi sebelum kita membedakan kedua istilah ini, kita telusuri lebih dahulu asal muasal kata elektronika ya.

Dalam elektronika dasar 1, kata elektronika merupakan naturalisasi dari kata “electronics” dalam bahasa inggris. :) kaya main bola aja. Kemudian lebih lanjut lagi, kata electronics sendiri berasal dari kala electron. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa belajar mengenai elektronika sama dengan mempelajari ilmu elekron. Dalam kehidupan sehari-hari, walaupun kata elektronika lebih kepada saat pemakaiannya, tapi masih bisa dikatakan tetap sesuai dengan asal muasalnya yaitu kata elektron. Setelah mengetahui pengertian Elektronika Dasar 1 dari segi bahasa, saatnya kita ketahui juga pengertiannya dari segi istilah yaitu ilmu yang mempelajari alat; bahan; komponen; maupun rangkaian-rangkaian yang memiliki dasar kerja berkaitan dengan gerakan electron.

Elektronika Dasar 1

Dengan berbekal pengertian elektronika dasar 1 itu, sekarang kita bisa lanjut ke pembahasan perbedaan antara elekrik dengan elektronik. Contoh dari benda-benda elektrik adalah kompor listrik, lampu pijar serta setrika listrik. Sedangkan contoh benda-benda elektronik adalah komputer, tape recorder, radio, mp3, televisi, dan lain-lain. Bisa membedakan kedua jenis peralatan tersebut? Terlihat sama saja ya, yang membedakan hanya tambahan kata listrik dibelakangnya. Tapi memang berbeda kok, karena itu dilanjut membacanya ya.

Kita bahas dulu persamaan elektrik dan elektronika  dalam elektronika dasar 1 ini, yaitu sama-sama memiliki keterkaitan dengan arus listrik. Nah, trus bedanya adalah pada onderdil alias komponen-komponen yang dipakai. Bila peralatan elektrik, alat/ bahan yang digunakan adalah komponen pasif saja. Maka peralatan elektronik menggunakan alat/bahan yang terdiri dari komponen aktif dan komponen negatif untuk membangunnya. Contoh dari komponen pasif bisa berupa resistor atau tahanan, kumparan, dan kondensator. Sedangkan contoh dari komponen aktif adalah rangkaian terpadu / integrated circuit ( IC ) atau sering disebut juga Chip Processor, tabung hampa, dan transistor. Gimana? Udah mulai banyak istilah kan. Untuk isitilah-isitilah komponen tersebut nanti akan saya jabarkan lebih lanjut. Jadi, baca ya artikel elektronika dasar 1 berikutnya.

tags: , ,