Cek Tagihan Listrik

Cek tagihan listrik bisa dilakukan dengan lima cara. Kelima cara ini tentunya bertujuan agar kita dapat mengetahui berapa jumlah dari tagihan lisrtik yang harus kita bayarkan nantinya. Dapat juga untuk tujuan mengetahui tagihan-tagihan pada bulan sebelumnya.

Ok, langsung saja ya. Kelima cara cek tagihan listrik itu adalah:

  1. Datang ke kantor
  2. Melalui telpon
  3. Melalui SMS
  4. Melalui Website, internet atau online
  5. Melalui Aplikasi Ponsel

Cara yang pertama mungkin langsung membuat anda berkata, “ya iyalah” :). Cara ini merupakan yang paling tradisional dan pastinya semua orang yang berlangganan mestinya tau. Kita tinggal datang ke cabang PLN terdekat, dan menyebutkan nomor pelanggan kita ke loket. Namun cara ini tentunya sangat memakan waktu, baik perjalanan maupun bila terjadi antrian. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan resiko kekurangan uang akibat tidak taunya jumlah tagihan listrik yang mesti dibayar. Seandainya kita telah mengetahui jumlahnya, kan kita bisa memperkirakan jumlah tagihan bila ditambah dengan biaya jasa.

Cara menge cek tagihan listrik yang kedua adalah melalui telpon. Ya tentu saja, nelponnya ke PLN. Cuman udah pada tau ngga nomornya? Yup benar, telponnya ke nomor 123. Sedangkan 147 adalah untuk tagihan telepon. Jangan sampe tertukar ya. Pokoknya bila Csnya dah angkat telpon kita, ya tinggal menyebut nomor pelanggan kita.

Berikutnya cara cek tagihan listrik adalah melalui SMS. Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi kita yang mungkin males mengecek tiap bulan, karena layanan sms ini sifatnya langganan. Artinya setiap bulannya kita akan sms dengan isi berupa jumlah tagihan kita yang harus dibayar. Cara pendaftarannya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan mengetik: REK<sepasi>nomor pelanggan kita; kirim ke nomor 8123. Contonya saja: REK 137693568357. Sekarang pastinya sobat bertanya-tanya mengenai biayanya. Tenang saja, pulsa yang diambil sangat sedikit kok. Cuman Rp. 500 saja per sms jawaban, dan tarif yang sama dengan operator masing-masing untuk pengiriman pertanyaan. Tapi untuk sekarang baru beberapa operator saja yang mendukung layanan ini, yaitu Telkomsel; Mobile-8; TelkomFleksi; dan Indosat.

Nah yang paling nget-tren sekarang ini untuk melakukan cek tagihan listrik adalah pakai media website, internet atau online. Cara ini paling di sukai tidak saja karena tanpa biaya alias gratis, tapi juga sifatnya yang instan alias langsung pada saat itu juga terpampang rincian tagihan kita. Yang perlu diingat adalah, jumlah tagihan yang tertera adalah belum termasuk layanan jasa. Jadi ntar jumlah sebenarnya adalah yang tertera ditambah uang layanan jasa sebesar Rp. 1.900,-. Carannya:

  1. Buka website resmi PLN di http://www.pln.co.id/
  2. Perhatikan kolom/ form yang tertulis layanan online dihalaman utama web tersebut.
  3. Isi form dengan ID Pelanggan(12 digit nomor langganan) yang anda miliki.
  4. Klik Cek, maka akan terbuka informasi tagihan kita pada bulan tersebut.

cek tagihan listrik

Terakhir adalah dengan melalui aplikasi ponsel. Silahkan saja coba search melalui  halaman utama resmi masing-masing HP anda. Nah sedangkan untuk pemakai android, ada satu aplikasi khusus yang bernama “tagihan listrik” yang bisa menjadi pilihan utama. Aplikasi ini dikembangkan oleh Trustudio. Dengan demikian, dimanapun kapanpun bisa dong ngecek tagihan. Demikian dulu ya sobat artikel kali ini. Jangan lupa setelah Cek Tagihan Listrik untuk dibayar ya.

Cek Tagihan Listrik. Post by: Fatma | 4.5
Tags:

Categories: Listrik Statis